Pages

Thursday 5 May 2011

Kejujuran



Bersiaplah selalu untuk menghadapi situasi yang menuntut kejujuran kita. Nasehat agar kita senantiasa berperilaku jujur memang lebih mudah diucapkan dibandingkan dilakukan secara nyata. Bayangkan, seseorang dalam keadaan "terjepit", bila ia berkata jujur, mungkin ia akan kehilangan keuntungan besar yang sudah ada dalam genggamannya. Sebaliknya, bila ia mau sedikit berdusta bukan hanya keuntungan namun juga kebanggaan yang akan diraihnya.

Sebenarnya, kejujuran tidak berkaitan dengan untung-rugi. Kejujuran adalah sebuah sikap yang tidak perlu dihitung dengan nilai uang. Kejujuran bukanlah sebuah pilihan. Seseorang mungkin berdusta karena ia memilih untuk berdusta. Lantas, mengapa ia berdusta? Bukankah kita tidak bisa menipu diri sendiri? Biar bagaimana pun, hati nurani tak bisa dibungkam, meski ia hanya berbisik lirih.

Bagaimana pun majunya sebuah perekonomian, "kejujuran adalah mata uang yang laku di mana-mana." Bawalah sekeping kejujuran dalam saku kita, itu melebihi mahkota raja diraja sekalipun.



No comments: